Ayo! Ikut Lomba Foto Selfi di Logo NU Terbesar di Banjarbaru

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Kecintaan terhadap Nahdlatul Ulama diwujudkan keluarga besar majelis dan Pondok Pesantren Raudatul Mutaallimin Annadliyah (RMA) Guntung manggis Banjarbaru dengan membuat lambang NU besar, berukuran 5 x 3.5 meter.

Pimpinan Pondok Pesantren Raudatul Mutaallimin Gus Muhari mengatakan, ide membuat lambang NU terbesar di Banjarbaru ini terinspirasi dari KH MKarror cicit Syaichona Cholil Bangkalan ketika dia berkunjung ke kediamannnya di Bangkalan Madura.

Read More

“Di sana ukuran lambangnya 4×3.5 meter,” ujar Gus Muha.

Untuk mengenalkan lambang NU dan kecintaan terhadap nahdatul ulama sekaligus memeriahkan hari kemerdekaan, pondok RMA menggelar lomba foto selfi dengan latar belakang logo NU dan ayo mondok dimulai tanggal 13-30 Agustus 2022.

“Lomba selfi memperebutkan hadiah jutaan rupiah. Yang ingin ikut dapat datang langsung ke majelis dan pondok RMA Jalan Guntung manggis RT 18,” ajaknya.

Adapun arti dari logo NU berikut :

1. Bola dunia menggambarkan tempat tinggal manusia. Hal ini sesuai dengan surat Taha ayat 55.

2. Tali tambang yang mengelilingi bola dunia memiliki makna ukhuwah atau tali persaudaraan. Hal ini diambil berdasarkan surat Ali Imran ayah 103.

3. Dalam bola dunia, terdapat peta Indonesia di permukaannya. Hal ini melambangkan NU didirikan di Indonesia dan berjuang di tanah ini.
4. Dua simpul ikatan di bagian bawah melambangkan hubungan vertikal dengan Allah dan hubungan horizontal dengan sesama umat manusia.
5. Untuaian tampar atau tali tambang berjumlah 99 melambangkan nama-nama terpuji bagi Allah atau Asmaul Husna.
Lima bintang di atas bola dunia. Bintang yang berada di tengah berukuran besar dibanding empat yang lainnya.
6. Bintang paling besar itu melambangkan Rasulullah, sementara yang empat melambangkan sahabatnya yang mendapat julukan Khulafaur Rasyidin yakni Abu Bakar, Umar bin Khatab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.
7.. Empat bintang di bawah bola dunia melambangkan empat imam mazhab Ahlussunah wal Jamaah yaitu Imam Maliki, Imam Syafi’i, Imam Hanafi, dan Imam Hanbali.
8Jumlah bintang secara keseluruhan ada sembilan. Ini bermakna Wali Songo (sembilan ulama penyebar Islam).
9. Tulisan Nahdlatul Ulama dalam huruf Arab melintang di tengah bumi untuk menunjukkan nama organisasi tersebut,
Nahdlatul Ulama, kebangkitan para ulama.
10. Warna latar memakai warna hijau yang merupakan lambang kesuburan.
Tulisan memakai warna putih yang merupakan lambang kesucian.

“RMA juga menggelar lomba seni, olahraga dan hiburan, dan ditutup dengan haul Akbar Pahlawan dan doa keselamatan untuk bangsa dan Banua,” tuntasnya. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.