Apel Senin Pagi Dishut Kalsel: Pemantauan dan Pengelolaan Hasil Hutan melalui SI-PHPL

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Seluruh staf Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Dishut Kalsel) dan Polisi Kehutanan berkumpul di halaman terbuka Kantor Dishut Kalsel untuk melaksanakan kegiatan rutin Apel Senin pagi. Kegiatan apel ini dihadiri oleh pejabat Esselon 3 dan 4 serta seluruh staf Dishut Prov Kalsel, dipimpin oleh Kasi Iuran dan Penatausahaan Hasil Hutan (IPHH) Dishut Kalsel, Irvan.

Dalam sambutannya, Irvan menyampaikan pentingnya tertib peredaran hasil hutan di Kalimantan Selatan. Untuk mendukung hal ini, Dishut Kalsel melakukan monitoring dan evaluasi melalui beberapa aplikasi dalam Sistem Informasi Pengelolaan Hasil Hutan Produksi Lestari (SI-PHPL) yang berfungsi secara online. Aplikasi-aplikasi tersebut meliputi:

Read More
  1. Sistem Informasi Penatausahaan Hasil Hutan (SI-PUHH): Alat untuk melaporkan kegiatan perizinan berusaha di bidang kehutanan.
  2. Sistem Informasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (SI-PNBP): Alat untuk pencatatan dan pelaporan penerimaan negara bukan pajak dari kegiatan kehutanan.
  3. Sistem Informasi Rencana Pemenuhan Baku Industri (SI-RPBBI): Alat untuk mencatat dan melaporkan rencana pemenuhan baku industri hasil hutan.

“Sistem informasi ini merupakan alat untuk melaporkan kegiatan perizinan berusaha kita di bidang kehutanan seperti perizinan penggunaan kawasan hutan, perizinan berusaha pemanfaatan hutan, dan perhutanan sosial. Melalui aplikasi ini, data-data dapat dikumpulkan untuk tindak lanjut,” kata Irvan.

Lebih lanjut, Irvan menjelaskan bahwa selain tugas pemantauan, seksi IPHH Dishut Kalsel juga bertanggung jawab untuk mempromosikan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di Kalimantan Selatan yang berada di wilayah kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di setiap kabupaten di Kalimantan Selatan. Promosi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemanfaatan HHBK di masyarakat, yang pada akhirnya berkontribusi pada ekonomi lokal dan keberlanjutan lingkungan.

Apel Senin pagi ini menegaskan komitmen Dishut Kalsel dalam menjaga ketertiban dan kelestarian hasil hutan di provinsi tersebut melalui penggunaan teknologi informasi dan upaya promosi hasil hutan non-kayu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *