Alalak Padang dan Pejambuan Terpantau Titik Api, BPBD Sigap Tangani Karhutla

Waktu Baca : < 1 menit
Banjarbaruklik – Tim Gabungan Posko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Cintapuri Darussalam melaporkan terjadi karhutla di Desa Alalak Padang, Jumat (11/8/2023) siang.
laporan tersebut menyebut bahwa titik api terpantau secara visual darat di Desa Alalak Padang yang berdekatan dengan Desa Karya Makmur.
Penanganan api dilakukan secara manual, oleh tim gabungan dari Posko Karhutla Cintapuri Darussalam di back up oleh TRC BPBD Banjar, TNI, Polri, dan sejumlah relawan lainnya, dengan penanganan sekitar 2 jam.
Pada lahan gambut tersebut vegetasi yang terbakar berupa semak belukar dan tumbuhan bindrang, dengan luasan sekitar 0,5 hektare.
Dihari yang sama tim gabungan BPBD Banjar juga melakukan penanganan karhutla di Desa Pejambuan Kecamatan Sungai Tabuk, sore tadi sekitar pukul 17.00 Wita.
Penanganan dilakukan dengan menggunakan sarana 1 unit mobil pickup dilengkapi mesin alkon kecil dan 1 roll selang. Petugas cukup kesulitan mendekati lokasi karhutla, karena tidak ada akses untuk kendaraan roda 4 dan 2.
” Untuk menuju lokasi kita jalan kaki sekitar 1 kilometer, tapi alhamdulillah ketika sampai cepat juga apinya padam,” ucap Ujang, salah satu petugas dari BPBD.
Meski begitu, api yang berkobar yang membakar semak belukar tersebut bisa diatasi oleh tim sekitar 1 jam lebih dengan luasan yang terbakar sekitar 1 hektare. (MC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *