Acil Odah Pimpin Pemeriksaan Kesehatan Pengemudi, Pastikan Lancar Jelang Lebaran

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Hj. Raudatul Jannah Sahbirin, SKM. M.Kes., atau Acil Odah meninjau secara langsung pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi bus di Terminal Tipe A Gambut Kabupaten Banjar, Kamis (4/4) pagim

Disampaikan Acil Odah, kegiatan pemeriksaan kesehatan pengemudi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan bersama instansi vertikal, pada saat momen mudik lebaran Idul Fitri 1445 H.

Read More

“Kegiatan ini merupakan wujud kesiapsiagaan menghadapi kegiatan Arus Mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, salah satunya pemeriksaan Kesehatan menyelenggarakan Upaya Kesehatan bagi pengemudi bus antar kota antar provinsi,” sampainya.

Lebih lanjut Acil Odah menyampiakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Pengemudi (PO Bus),
Meningkatkan keselamatan transportasi untuk awak, penumpang serta masyarakat sekitarnya sehingga pemudik sampai tujuan dengan aman dan selamat, memastikan pengemudi dalam keadaan sehat bugar dan penumpang dalam keadaan sehat, mendapatkan data dan melakukan dalam rangka pelaksanaan surveilans kesehatan pekerja pada pengemudi.

Kegiatan yang dilaksanakan secara terintegrasi antara Dinas Kesehatan Provinsi, Dinkes Kabupaten Banjar Dan Puskesmas Gambut, serta berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Kepolisian, Dinas Perhubungan, Badan Narkotika Nasional Serta Jasa Raharja, diharapkan Acil Odah, para pengemudi tetap sehat dan selamat sampai tujuan serta menurunkan angka kejadian kecelakaan lalu lintas yang disebabkan karena pengemudi.

“Kita berharap, dengan pemeriksaan kesehatan ini, kita berharap masyarakat dapat dengan aman dan nyaman mudik ke kampung halaman, hingga selamat sampai tujuan,” harapnya.

Pemeriksaan kesehatan pengemudi dilakukan untuk menentukan kelaikan mengemudi, meliputi: tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat, jumlah denyut nadi dan jantung, saturasi oksigen , pemeriksaan mata (katarak, buta warna), alkohol pernapasan, dan pemeriksaan jiwa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *