9 Makanan yang Wajib Dicoba Jika Berkunjung ke Kalsel

  • Whatsapp
9 Makanan yang Wajib Dicoba Jika Berkujung ke Kalsel
Waktu Baca : 6 menit

9 Makanan yang Wajib Dicoba Jika Berkujung ke Kalsel

Banjarbaruklik – Kalimantan Selatan (Kalsel) terkenal dengan obyek wisata alamnya banyak orang memilih berlibur ke Kalimantan Selatan selain menikmati pemandangan alamnya juga ragam kulinernya yang menggoda selera jadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Read More

 

Dimana hampir semua daerah di Kalimantan Selatan mempunyai kuliner khas yang kemudian menyatu ke wilayah provinsi sehingga menjadi salah satu makanan khas Kalimantan Selatan. Di samping sektor pariwisata yang potensial, penduduk Kalimantan Selatan juga memanfaatkan peluang usaha pada sektor kulinernya. Dari sekian banyak kuliner asal Kalimantan Selatan, berikut 9 Makanan khas Kalimantan Selatan yang tak perlu diragukan lagi kelezatannya dan pamornya.

 

1. Soto Banjar

Banjarmasin adalah ibukota provinsi Kalimantan Selatan. Kota Banjarmasin mempunyai kuliner khas berupa soto yang sangat terkenal yakni Soto Banjar. Rasanya ada yang kurang apabila ada pengunjung yang datang belum mencicipi kuliner yang satu ini. Soto banjar berbeda dengan sajian soto di kota-kota lain. Soto asli Banjar terdiri dari banyak isian. Bukan cuma bihun dan suwiran ayam, tetapi juga ada telur rebus dan taburan bawang goreng serta potongan daun seledri diatasnya. Ayam yang digunakan untuk soto banjar adalah jenis ayam kampung.

 

2. Cacapan Asam

9 Makanan yang Wajib Dicoba Jika Berkujung ke Kalsel

Cacapan asam adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang mudahnya bisa dianggap sebagai sambal. Jika sambal biasanya padat, beda dengan cacapan asam ini yang justru cair karena dibuat dengan komposisi air serta makanan ini berwarna bening. Cacapan asam terbuat dari buah asam jenis buah mangga yang masih mentah diproses dengan cara dicacah. Karena proses tersebut makanan ini juga disebut cacahan asam oleh orang Banjar. 9 Makanan yang Wajib Dicoba Jika Berkujung ke Kalsel

 

3. Ketupat Kandangan

9 Makanan yang Wajib Dicoba Jika Berkujung ke Kalsel

Ketupat kandangan adalah salah satu makanan khas Kalimantan Selatan yang berasal dari daerah Kandangan dan juga mempunyai kuliner khas lain berupa dodol kandangan. Ketupat ini sama seperti ketupat pada umumnya yang terbuat dari bahan baku beras namun terbagi dua tipe ada yang dimakan menggunakan sendok dan ada yang dimakan menggunakan tangan langsung. Dimana Ketupat kandangan bisa dimakan pada pagi, siang, ataupun malam hari ditemani dengn berbagai lauk yang terkenal dengan lauk ikan gabus atau haruan. Sebagai tambahan, biasanya menikmati ketupat ini dengan sambal khas dari Kandangan yang bersantan.

 

4. Dodol Kandangan

9 Makanan yang Wajib Dicoba Jika Berkujung ke Kalsel

Kandangan adalah nama kota yang terletak di kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Kota yang sekaligus menjadi ibukota kabupaten Hulu Sungai Selatan ini mempunyai makanan khas yang terkenal, seperti dodol kandangan. Dodol kandangan merupakan dodol terenak yang dimiliki oleh Kota Seribu Sungai. Dodol satu ini termasuk makanan khas Banjarmasin yang paling sering dibeli sebagai oleh-oleh para wisatawan.

Dodol yang berasal dari Kandangan berbeda dengan dodol di tempat-tempat lain. Setiap orang yang sudah pernah mencoba dodol kandangan menuturkan kalau dodol kandangan mempunyai tekstur yang lebih legar dan lembut. Bukan hanya itu, dodol kandangan juga mempunyai rasa yang tingkat manisnya pas. Para wisatawan yang ingin membeli dodol kandangan bisa datang ke pusat oleh-oleh atau langsung ke tempat produksinya yang berada di kabupaten Hulu Sungai Selatan.

 

5. Sayur Kambang Tigarun

9 Makanan yang Wajib Dicoba Jika Berkujung ke Kalsel

Masyarakat Banjar begitu gemar menyantap nasi, lauk, dan lalapan sayur. Ada banyak macam sayur yang biasa dipilih, seperti kambang tigarun salah satunya. Kambang tigarun merupakan tanaman sayur yang bagian kembang atau bunganya paling banyak dipakai sebagai lalapan. Meskipun banyak disukai penduduk Banjar, sayuran ini termasuk tanaman musiman sehingga keberadaannya tidak selalu di setiap waktu.

Kambang tigarun yang hendak diolah juga harus memilih yang sudah mengembang bunganya. Perlu diketahui juga kalau tanaman kambang tigarun mempunyai rasa pahit, jadi mereka yang biasa menyantapnya masuk dalam kategori penyuka makanan pahit. Kambang tigarun atau jaruk tigarun yang akan dijadikan lalapan sebelumnya harus direndam terlebih dahulu selama berhari-hari dan biasanya menyantapnya ditemani cacapan asam. 9 Makanan yang Wajib Dicoba Jika Berkujung ke Kalsel

 

6. Nasi Itik Gambut

9 Makanan yang Wajib Dicoba Jika Berkujung ke Kalsel

Nasi Itik Gambut tentu tidak asing kedengaran ditelinga masyarakat Kalimantan Selatan. Makanan ini seperti namanya yakni berasal dari daerah Gambut yang menjadi daerah penyangga kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru. Nasi itik gambut disebutnya, adalah kuliner berupa nasi putih yang dibungkus duan pisang dihidangkan bersama lauk itik dengan bumbu habang atau bumbu merah khas Banjar. Nasi itik gambut sendiri bisa ditemukan di warung-warung yang banyak berjejer di sekitaran daerah Gambut.

 

7. Apam Batil

apam batil

Kue apam batil atau orang Banjar menyebutnya surabi adalah kue yang menjadi warisan nenek moyang suku Banjar. Apam batil biasanya dimakan dengan tangan alias bakucau dalam bahasa Banjar atau dengan sendok. Kue yang menjadi kesukaan anak-anak Banjar ini paling sering dimakan pagi hari atau oleh umat Muslim dijadikan menu berbuka puasa. Dimana dalam cara penyantapannya disiram dengan gula merah.

 

8. Kalangkala

9 Makanan yang Wajib Dicoba Jika Berkujung ke Kalsel

Kalangkala adalah nama buah yang disajikan menjadi sejenis sayuran yang bentuk penyajiannya sangat sederhana. Meskipun makanan khas Kalimantan Selatan ini dianggap sebagai sayur, tapi bahan utama yang disajikan adalah buah. Buah kalangkala mempunyai bentuk bulat, warnanya merah muda ketika matang, dan banyak tumbuh di hutan Kalimantan. Buah kalangkala mempunyai daging yang lembut dan rasanya mirip dengan alpukat. Buah ini umumnya dimakan bersama kuah yang diberi cabai, meskipun ada juga yang tidak menggunakan cabai, tergantung selera pembuatnya. Untuk kuahnya berwarna bening dan rasanya gurih.

 

9. Iwak Samu

iwak samu

Iwak samu atau Iwak samu adalah makanan khas Kalimantan Selatan yang memanfaatkan hasil laut berupa ikan yang disamu. Samu dalam bahasa Banjar berarti proses mengasinkan ikan dengan dibumbui oleh garam, kunyit, dan beras yang ditumbuk kasar kemudian di disangrai. Ikan yang biasa dipilih untuk disamu adalah ikan gabus, sepat, saluang, dan papuyu. Menyantap iwak samu bisa dengan nasi, sayur, sambal, ataupun lauk pauk lainnya. Iwak samu yang ingin dimakan harus digoreng terlebih dahulu hingga matang. Rasa dari iwak samu asin bercampur gurih dan tak lupa terdapat sensasi kriuk yang bisa menambah selera makan.

 

Itulah informasi mengenai beberapa makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib kalian coba apabila berkujung. Semoga bermanfaat dan informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *