7 Makanan Mengenyangkan untuk Dukung Diet dan Pola Makan Sehat

Ilustrasi makanan sehat.(Foto : alodokter.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Memilih makanan yang tepat adalah kunci untuk merasa kenyang lebih lama, terutama saat menjalani diet atau berusaha memperbaiki pola makan. Tiga komponen utama yang harus diperhatikan adalah protein, serat, dan lemak sehat, termasuk omega-3. Makanan yang minim bahan tambahan juga cenderung lebih mengenyangkan. Berikut ini adalah daftar makanan yang direkomendasikan oleh Healthline sebagai pilihan tepat untuk mereka yang ingin tetap kenyang dan menjaga pola makan sehat:

  1. Gandum Utuh – Nasi merah, roti gandum utuh, dan pasta gandum utuh kaya akan serat dan nutrisi yang dapat membantu kontrol berat badan dan mempertahankan kesehatan secara umum.
  2. Yoghurt – Pilihan yang baik untuk diet, terutama jika dipilih varian yang rendah gula. Menambahkan buah segar atau granola rendah gula bisa meningkatkan manfaatnya.
  3. Alpukat – Buah ini kaya akan lemak sehat yang baik untuk jantung dan serat. Sebagai sumber nutrisi padat, alpukat dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama.
  4. Oat – Sumber serat larut yang baik, oatmeal dapat menyerap air dan membantu merasa kenyang. Memilih varian polos dan menambahkan buah atau kacang-kacangan dapat menghindari gula tambahan.
  5. Ikan – Kaya akan protein dan omega-3, ikan seperti salmon dan tuna adalah pilihan makanan yang mengenyangkan dan baik untuk kesehatan jantung.
  6. Kacang – Sebagai sumber protein, serat, dan lemak sehat, kacang-kacangan adalah camilan ideal yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan menyehatkan.
  7. Telur – Telur kaya akan protein berkualitas tinggi dan nutrisi lainnya, yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Mengonsumsi makanan-makanan ini tidak hanya membantu dalam menjaga rasa kenyang tetapi juga mendukung gaya hidup sehat secara keseluruhan dengan memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tanpa konsumsi kalori berlebih.

Read More

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *