625 Bacaleg Bakal Bertarung Memperebutkan 45 Kursi di DPRD Kabupaten Banjar

MENYEBUTKAN - Komisioner SDM KPU Banjar Abdul Muthalib, menyebutkan ada 17 Parpol dengan total bakal calon sebanyak 625 orang yang akan bersaing di Pemilu Legislatif 2024.
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik– Setelah 14 hari terlaksana pendaftaran pengajuan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), tepatnya mulai 1 Mei hingga 14 Mei 2023. KPU Kabupaten Banjar mengumumkan bahwa ada ratusan Bacaleg dari 17 Partai politik (Parpol) yang bakal bersaing untuk memperebutkan 45 kursi di DPRD Kabupaten Banjar pada Pemilu Legislatif 2024.

Ketua KPU Banjar Muhaimin, melalui Komisioner SDM KPU Banjar Abdul Muthalib mengatakan, berdasarkan data Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Ada 7 Parpol yang mengajukan Bacaleg-nya kurang dari 45 orang atau 100 persen.

Read More

“Sementara 10 Parpol lainnya tercukupi 45 orang. Jadi, total bakal calon yang akan bersaing di DPRD Kabupaten Banjar pada Pemilu 2024 sebanyak 625 orang,” katanya, Minggu (14/5/2023) malam.

Terkait pemberkasan para bakal calon, lanjutnya, untuk sementara dipastikan sudah lengkap. “Jadi, untuk 17 Parpol ini sudah kita buatkan berita acaranya,” ungkap Abdul Muthalib yang akrab disapa Aziez ini.

Aziez menjelaskan, memang sebenarnya ada 18 Parpol yang sudah terdaftar di KPU. Namun 1 Parpol yakni, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Kabupaten Banjar tidak melakukan pengajuan pendaftaran Bacaleg-nya, dikarenakan hanya punya 1 calon saja.

“Berdasarkan arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP), setiap kabupaten/kota minimal mengajukan Bacaleg sebanyak 4 orang. Sementara yang dicalonkan PKN hanya 1 orang saja, kemungkinan ada perbedaan pandangan politik di pusat, sehingga mereka tidak melakukan pengajuan bakal calon di Kabupaten Banjar,” jelasnya.

Perlu diketahui, 17 Parpol yang akan mengikuti Pemilu Legislatif di Kabupaten Banjar, di antaranya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar).

Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Garuda.

Lalu, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indoneaia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembanguan (PPP) dan Partai Ummat. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *