6 Makanan Pengganti Nasi Putih untuk Penderita Diabetes

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Diabetes dapat menyebabkan gangguan sistem peredaran darah, kekebalan tubuh, dan masalah pada saraf. Oleh karena itu, penderita diabetes harus benar-benar memperhatikan makanan yang dikonsumsinya.

Penderita diabetes harus mengurangi makanan yang mengandung tinggi kalori dan indeks glikemik yang tinggi, salah satunya adalah nasi putih. Namun, penderita diabetes tidak harus menghentikan konsumsi karbohidrat.

Read More

Ada beberapa makanan pengganti nasi putih yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Simak ulasannya seperti yang dilansir Suara.com berikut ini.

 

1. Nasi Merah

Nasi merah menjadi makanan yang populer untuk para penderita diabetes. Tekstur pada nasi merah juga tidak jauh berbeda dengan nasi putih pada umumnya.

Nasi ini memiliki risiko lebih rendah dari nasi putih yang dapat meningkatkan risiko diabetes semakin buruk. Pengurangan risiko pada penderita diabetes saat mengonsumsi nasi merah adalah hingga 16 persen.

 

2. Oat

Makanan pengganti nasi putih yang kedua adalah oat. Oat merupakan jenis gandum yang mengandung tinggi serat yang mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Satu ons oat mengandung 14 gram karbohidrat dan 2,5 gram serat yang bisa menjadi pilihan pengganti nasi bagi penderita diabetes. Namun selalu waspada terhadap oatmeal instan yang telah melalui banyak proses kimia.

 

3. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung karbohidrat sebagai pengganti nasi putih bagi penderita diabetes. Ubi jalar tidak akan membuat gula darah penderita diabetes melonjak tiba-tiba. Sebaliknya, ubi jalar sangat baik dikonsumsi karena mengandung beta karoten yang mampu mencegah berbagai penyakit.

 

4. Jagung

Jagung kaya akan serat, magnesium dan berbagai macam jenis vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Jagung cocok menjadi makanan pengganti nasi putih untuk penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi olahan jagung sebagai pengganti nasi putih, salah satunya adalah jagung kukus. Anda dapat menambahkan berbagai jenis makanan yang tinggi protein agar mendapatkan nutrisi yang lengkap.

 

5. Kentang

Kentang memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur lembut yang cocok diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat. Oleh karena itu, kentang bisa dijadikan pengganti nasi putih yang baik bagi penderita diabetes.

 

6. Singkong

Selain kentang, ada juga singkong yang dapat membuat perut lebih mudah kenyang. Meski mengandung karbohidrat yang tinggi, indeks glikemik pada singkong rendah sehingga tidak membuat lonjakan gula darah.

Itulah beberapa alternatif pengganti nasi putih untuk penderita diabetes yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *