6 Cara Antisipasi Penyakit Pasca Banjir

  • Whatsapp
Waktu Baca : 2 menit

 

Read More

Banjarbaruklik – Diawal tahun 2021 banjir  melanda beberapa provinsi di Indonesia. Tanpa disadari, banjir menyebabkan beragam jenis penyakit mulai dari diare sampai ISPA. 

Perlu diketahui ada beberapa penyakit yang biasanya muncul usai terjadinya banjir yakni Diare, Demam Berdarah Dengue (DBD), Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), Penyakit kulit, Penyakit saluran pencernaan, Demam tifoid (tipes). Berikut antisipasi penyakit pasca banjir :

1. Pastikan bahwa kita selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang higienis. Perhatikan kadaluarsa dari makanan yang dikonsumsi baik makanan jadi maupun makanan yang kita dibuat sendiri.

2. Diusahakan mengonsumsi makanan segar. Sebelum makan, sebaiknya cuci tangan pakai sabun atau hand antiseptic, untuk menghindari infeksi usus. Terlebih untuk anak-anak harus diajari untuk selalu cuci tangan pakai sabun sebelum makan.

3. Untuk anak-anak dan orang tua diberikan suplemen yang berisi multivitamin dan mineral apabila terjadi keterbatasan makanan dan minuman dengan zat gizi yang lengkap yang bisa dikonsumsi sehari-hari akibat rumah dan lingkungan terkena banjir.

4. Anak-anak harus dicegah untuk tidak bermain-main di air banjir baik karena potensi gangguan kesehatan maupun risiko terbawa arus atau tenggelam pada air banjir.

5. Perlunya stok obat-obat sederhana, obat penurun panas, obat anti diare, obat sakit kepala dan oralit.

6. Kebersihan lingkungan harus selalu terjaga dan segera bersihkan lokasi pasca banjir dengan menggunakan antiseptik dan tetap memperhatikan pelindung diri untuk orang yang bertugas membersihkan kotoran pasca banjir tersebut. Pelindung diri meliputi masker, sarung tangan dan memakai sepatu boot. 

Itulah informasi mengenai beberapa pencegahan penyakit pasca banjir. Bagi kalian yang tidak ingin terkena penyakit tersebut, rajin-rajinlah membersihkan diri dan lingkungan, serta jaga imunitas tubuh. Semoga bermanfaat dan informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *