5 Tips Menjaga Kesehatan Mata

  • Whatsapp
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Mata merupakan indera yang selalu kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Maka menjaga kesehatan mata menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua.

Karena semua aktivitas yang dilakukan akan lebih mudah jika memiliki pengelihatan lebih sehat dan jernih. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata. Berikut tips untuk menjaga kesehatan mata:

Read More

1. Gunakan topi dan kacamata hitam saat kita berada di luar ruangan

Sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan pada mata kita. Jika terus dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang, maka akan menyebabkan kondisi mata seperti katarak.

2. Gunakan pelindung mata di tempat kerja dan saat berolahraga

Cedera mata sering terjadi di tempat kerja.
Pekerjaan yang berkaitan dengan penanganan bahan kimia berbahaya atau penggunaan mesin pemotong, mengelas dapat meningkatkan peluang cedera mata.

Dimana cedera mata juga dapat terjadi ketika kita berolahraga seperti bermain bola dan bersepeda. Pelindung mata tentu dapat melindungi mata kita dari pasir jalanan atau debu saat mengendarai sepeda.

3. Berhenti merokok dan olahraga rutin

Merokok dapat merusak pembuluh darah yang memasok darah ke nutrisi mata.
Makan makanan yang segar dan sehat serta berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga pembuluh darah, mata, dan tubuh dalam kondisi sehat.

4. Kontrol gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol

Dengan menjaga kadar glukosa darah, tekanan darah, dan kolesterol maka akan membantu menjaga kesehatan mata dan seluruh tubuh kita.

5. Beri waktu istirahat saat bekerja di depan komputer

Menatap layar komputer maupun ponsel terlalu lama akan menyebabkan mata kita lelah. Dimana hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada penglihatan kita.

Lakukan istirahat yang teratur dan cobalah untuk melakukan beberapa latihan mata agar membantu mengendurkan otot mata.
Sebagai indera penglihatan, kita perlu menjaga kesehatan mata kita dengan mengonsumsi berbagai vitamin serta nutrisi yang cukup.

Itulah informasi mengenai tips menjaga kesehatan mata atau pengelihatan kita. Bagi kalian yang ingin merasakan manfaatnya dapat langsung mempraktekkan. Semoga bermanfaat dan informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian. (adl/abi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *