5 Minuman Sehat Ini Cocok Dikonsumsi Usai Makan Gorengan

Ilustrasi Minuman Sehat. (Foto : detik.com)
Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Sehabis konsumsi gorengan, mungkin tenggorokan merasa kurang nyaman. Untuk menetralkan kembali tenggorokan, kamu bisa langsung konsumsi 5 minuman sehat ini.

Makanan yang berminyak, seperti gorengan memang sangat nikmat. Namun, makanan berminyak mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang mampu menambah berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Makanan seperti ini juga mampu meningkatkan kadar gula yang tidak terkendali.

Read More

 

Setelah makan makanan berminyak, selain tenggorokan seret, kamu mungkin pernah merasa mual. Hal ini sebenarnya sangat biasa. Namun, jangan takut mengatasinya. Salah satu solusi terbaik menghindari rasa tidak nyaman di tenggorokan dan mual yaitu dengan minum minuman sehat.

Terdapat sejumlah minuman sehat yang dapat meredakan mual dan memulihkan keseimbangan setelah makan makanan berminyak. Merangkum Times Of India (30/11), berikut rekomendasinya!

 

1. Air hangat

Air adalah obat paling sederhana untuk mengatasi masalah ini. Secara spesifik, direkomendasikan untuk mengonsumsi air hangat. Air dengan suhu ini dapat membantu pencernaan dengan mendorong pemecahan lemak.

 

Minum air hangat setelah makan yang berminyak juga membantu tubuh memproses makanan berat dengan lebih efisien. Suhu hangat pada air mampu melemaskan otot-otot saluran pencernaan dan mengurangi rasa tidak nyaman atau kembung, yang berhubungan dengan makanan berminyak.

 

Air hangat juga mendorong sirkulasi darah dan membantu menghilangkan racun. Minum air hangat tidak hanya memberikan kelegaan terhadap tenggorokan, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan pencernaan.

2. Minuman atau sup detoksifikasi

Detoksifikasi merupakan suatu proses alami organ tubuh dalam membuang racun dan zat-zat yang tidak diperlukan. Proses detoksifikasi bisa diperlancar dengan cara minum atau makan makanan detox.

 

Minuman dan makanan detox mampu menghilangkan lemak berlebih sehingga membantu organ hati memaksimalkan kerjanya untuk membuang racun di tubuh. Makanan atau minuman detox juga membantu menurunkan berat badan.

 

Kaya nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, dan rempah membuat minuman ini mampu mendukung proses detoksifikasi alami tubuh. Konsumsi minuman ini membantu pencernaan, meredakan kembung, dan menyediakan vitamin penting.

Selain minuman, kamu juga bisa mengonsumsi sup detoksifikasi dengan menggunakan bahan-bahan seperti wortel, kaldu ayam, jahe, dan beberapa bahan bernutrisi lainnya. Minum atau makan makanan detox pasca menikmati makanan berminyak bisa menjadi cara tepat untuk mengatur ulang sistem tubuh.

3. Minuman probiotik

Minuman probiotik merupakan minuman yang kaya akan bakteri menguntungkan. Minuman ini mampu meningkatkan mikrobioma usus sehat.

 

Probiotik membantu pencernaan, membantu tubuh memecah lemak, dan mengurangi ketidaknyamanan yang sering dikaitkan dengan makanan berminyak. Memasukkan minuman probiotik dapat mendukung kesehtan penceraan secara keseluruhan.

Jenis-jenis minuman probiotik yang bisa dikonsumsi, seperti yogurt, kombucha, hingga kefir.

Teh jahe juga dikenal baik untuk menetralkan tenggorokan dan tubuh setelah konsumsi makanan berminyak. Jahe sendiri merupakan bahan herbal dengan sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan sakit perut atau mual setelah makan makanan berminyak.

 

Dalam Annal Of New York Academy of Science, jahe disebut dapat mencegah obesitas, serta menurunkan kadar kolesterol setelah konsumsi makanan berlemak.

 

Jahe juga dapat mengurangi risiko aterosklerosis atau penumpukan lemak di pembuluh darah arteri yang erat kaitannya dengan penyebab masalah sakit jantung dan stroke.

 

Selain teh jahe hangat, kamu bisa menambahkan lemon atau pemanis alami seperti kayu manis.

5. Teh hijau

Selain teh jahe, kamu bisa menikmati secangkir teh hijau yang dikenal kaya manfaat. Teh hijau mengandung antioksidan untuk membantu pencernaan dan mengurangi dampak makanan berlemak pada sistem pencernaan.

Konsumsi teh jahe dapat merangsang produksi enzim pencernaan, mendorong pemecahan lemak dan mengurangi rasa tidak nyaman. Kandungan kafein yang moderat juga memberi dorongan energi ringan tanpa efek gelisah. Teh hijau juga mengandung polifenol yang berkontribusi dalam kesehatan secara keseluruhan.

 

Menyeruput teh hijau setelah makan makanan berminyak tidak hanya mendukung pencernaan, tetapi juga menambah sentuhan yang menyegarkan.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *