5 Manfaat Garam untuk Wajah

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Ada banyak manfaat garam untuk wajah. Garam sendiri merupakan bahan dapur yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa pada suatu makanan. Garam memiliki dua jenis, ada garam laut dan garam biasa. Keduanya kerap digunakan untuk campuran bahan makanan.

Tapi garam laut dan garam biasa memiliki perbedaan, terutama di kandungan mineralnya. Garam laut kaya akan mineral seperti kalium, natrium, magnesium, dan kalsium. Kandungan tersebut memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Berikut manfaat garam untuk wajah :

Read More

1. Mengangkat sel-sel kulit mati
Munculnya kulit mati di wajah menyebabkan wajah terlihat kusam, warna kulit yang tidak merata, serta permukaan kulit yang lebih kasar. Penyebab menumpuknya sel kulit biasanya karena paparan sinar UV, polusi, dan debu.
Meski tidak menyakitkan, masalah sel kulit mati bisa kamu atasi dengan menggunakan garam. Garam bisa dijadikan sebagai scrub wajah, sebab garam mengandung butiran-butiran yang dapat mengangkat sel kulit mati.
Caranya, siapkan seperdelapan garam, campurkan dengan cuka apel secukupnya dan beberapa lembar daun mint. Kemudian aduk hingga rata dan oleskan ke wajah sambil diberi pijatan halus. Dalam proses scrub ini kamu juga akan merasakan sensasi dingin yang menyegarkan dari daun mint. Kemudian diamkan tiga sampai lima menit, dan bilas dengan air biasa.

2. Mengatasi jerawat
Manfaat garam untuk wajah yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Ya, jerawat masih jadi salah satu masalah kulit yang dialami banyak orang, baik pria maupun wanita. Kamu bisa coba mengatasinya dengan garam laut. Garam laut memiliki sifat antibakteri yang dapat meredakan jerawat dan juga mengontrol produksi sebum di wajah sehingga kulit lebih sehat dan tidak mudah muncul jerawat.
Cara memanfaatkannya, siapkan setengah sendok gar laut ke wadah yang berisi air hangat. Kemudian bersihkan wajah seperti biasa menggunakan sabun pembersih wajah khusus jerawat, kemudian bilas dengan air biasa. Setelah itu, bilas wajah kembali dengan air garam dan diamkan 5-10 menit. Kemudian bilas kembali dengan air biasa.

3. Mengontrol produksi minyak
Munculnya minyak berlebih di wajah menyebabkan kulit rentan mengalami jerawat dan kulit kusam. Kamu bisa menggunakan garam untuk mengontrol produksi minyak di wajah.
Caranya, gunakan air garam untuk mencuci muka, diamkan beberapa menit lalu bilas kembali dengan air biasa. Selain mengontrol produksi sebum, air garam juga dapat memberi nutrisi untuk kesehatan kulit kamu.

4.Mengurangi peradangan
Saat wajah mengalami peradangan akibat jerawat, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan air garam. Caranya, siapkan satu sendok garam ke dalam wadah kemudian tambahkan dengan air hangat secukupnya. Kamu bisa cuci muka dengan air garam yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit wajah.

5. Menenangkan kulit
Sifat anti inflamasi pada garam juga dapat bermanfaat untuk menenangkan kulit, meredakan iritasi dan juga peradangan. Caranya, campurkan garam dan madu kemudian oleskan ke wajah dan leher secara merata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *