5 Khasiat Mengkonsumsi Buah Sirsak

Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Buah sirsak adalah buah yang kurang populer dibandingkan dengan buah-buahan lain. Hal ini karena sirsak memiliki rasa yang yang cenderung terasa asam, bertolak belakang dengan lidah orang Indonesia yang lebih suka buah-buahan yang terasa manis.

Meski begitu, buah ini sering dijadikan minuman seperti jus sirsak karena rasanya yang menyegarkan. Tak hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan, ternyata daun sirsak juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Dilansir dari Suara.com berikut adalah 5 manfaat sirsak untuk kesehatan tubuh.

Read More

1. Sebagai obat disentri
Mengkonsumsi buah sirsak dapat mengobati disentri secara alami, hal ini dapat terjadi karena dalam 100 gram sirsak mengandung 20 miligram vitamin C. Yang mana vitamin C ini sangat dibutuhkan untuk penyembuhan penyakit disentri.
Bagi yang belum tahu apa itu disentri, disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare berair disertai darah atau lendir. Nah untuk mengobati penyakit ini secara alami, kita bisa mengkonsumsi daging buah sirsak secara langsung.

2. Melancarkan pencernaan
Mengkonsumsi daging buah sirsak dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain daging buahnya, kita juga bisa memanfaatkan daun sirsak untuk pengobatan yang berhubungan dengan masalah pencernaan.
Cara mengkonsumsi daunnya adalah dengan cara diseduh seperti teh. Daun dan buah sirsak dapat membersihkan usus dan sistem gastrointestinal lebih lancar.

3. Antibakteri dan antiparasit
Mengkonsumsi buah sirsak juga bisa melindungi tubuh dari infeksi parasit dan bakteri, hal ini dikarenakan sirsak memiliki sifat antibakteri dan antiparasit.
Kalian bisa langsung mengonsumsi daging buahnya, atau bisa juga merebus daun sirsak kemudian meminumnya selagi masih hangat.

4. Menghilangkan stres
Yang satu ini mungkin kalian harus mencobanya. Ternyata sirsak bisa membantu menghilangkan stres dan insomnia.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rutgers University Libraries, sifat antiradang pada sirsak bisa menenangkan seseorang yang sulit tidur.

5. Mencegah kanker
Beberapa tahun yang lalu agak heboh dengan banyaknya pengepul yang berani membeli buah sirsak dengan harga yang cukup tinggi.
Bukan tanpa alasan, ternyata banyak orang yang percaya bahwa buah sirsak mampu mengobati kanker, benarkah demikian?
Dalam buah sirsak, terdapat senyawa acetogenins yang diduga dapat memotong perkembangan sel yang tidak normal dari aliran darah. Akan tetapi belum ada penelitian yang dilakukan pada tubuh manusia, sehingga masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut untuk memastikannya.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *