5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Waktu Baca : 3 menit

Banjarbaruklik – Bekas jerawat di wajah yang lambat hilang, tentu sangat menganggu penampilan. Tidak hanya perempuan, laki-laki pun pasti menginginkan bekas jerawat hilang dan wajah kembali mulus.

Luka bekas jerawat sendiri terjadi karena adanya hiperpigmentasi kulit akibat peradangan jerawat. Untuk menghilangkan bekas jerawat dapat menggunakan bahan-bahan alami. Berikut bahan alami untuk hilangkan bekas jerawat :

Read More

1. Madu
Madu memiliki sifat antibiotik dan penyembuhan serta dapat membantu mengobati jerawat serta membantu menghilangkan bekas lukanya. Jadi, coba oleskan madu pada bekas luka, tutup dengan perban atau kain kasa dan biarkan semalaman. Lalu, bilas dengan air hangat pada pagi harinya.
Selain itu, kita bisa menghancurkan dua atau tiga aspirin dan mencampurkannya ke dalam dua sendok teh madu. Setelah itu, oleskan pada bekas luka dan biarkan selama 15 menit. Lalu, cuci bersih dengan air hangat.

2. Lidah buaya
Lidah buaya memilik sifat anti inflamasi dan anti bakteri, sehingga cocok untuk membantu menghilangkan bekas luka karena jerawat.
Kita hanya perlu membelah daun lidah buaya dan mengambil getahnya, lalu mengoleskannya ke bekas luka jerawat. Setelah itu diamkan selama 30 menit dan bilas. Lakukan sebanyak dua hingga tiga kali per harinya.
Kita juga bisa mencampur getahnya dengan dua hingga tiga tetes tea tree oil sebelum mengoleskannya ke bekas jerawat dan membilasnya.

3. Lemon
Lemon dikenal dapat mencerahkan berbagai jenis luka, mengangkat sel kulit mati, dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru, serta meningkatkan elastisitas kulit. Kita bisa langsung mengaplikasikannya ke atas bekas luka dengan jari atau cotton bud kemudian membilasnya.
Lemon juga bisa dipadukan dengan madu atau minyak vitamin E sebelum diaplikasikan ke bekas luka. Jika ingin menggunakan vitamin E, gunakan sebelum tidur dan bilas di pagi harinya.

4. Minyak kelapa
Kita bisa menggunakan minyak yang kaya akan vutamin E dan asam lemak ini dengan cara menggosokkannya ke kulit, memijatnya selama lima hingga 10 menit dan mendiamkannya sebelum dibilas dengan air hangat.
Kita juga bisa menyatukannya dengan minyak lavender. Namun jika ingin memakai minyak ini, diamkan dulu selama 20 hingga 30 menit sebelum dibilas.

5. Kunyit
Curcumin, bahan aktif dalam kunyit, sarat dengan sifat penyembuhan kulit dan memiliki sifat anti-inflamasi.
Untuk menggunakannya, campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit jus lemon, oleskan pada luka dan cuci bersih setelah 15 menit dengan air hangat.
Lalu, bisa juga dengan mencampurkan sesendok teh bubuk kunyit, sesendok makan yogurt tawar dan satu sendok teh minyak extra virgin olive-oil kemudian oleskan dan biarkan hingga kering. Setelah itu, gunakan jari basah untuk menggosoknya perlahan pada kulit dan cuci bersih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *