3 Manfaat Mentimun, Pilihan Terbaik untuk Diet Sehat dan Berimbang

Ilustrasi Timun.(Foto : detik.com)
Waktu Baca : 1 menit

Banjarbaruklik – Dalam upaya menjalani program diet yang sehat, para ahli diet menekankan manfaat besar dari konsumsi mentimun. Destini Moody, seorang ahli diet, mengungkapkan bahwa mentimun memiliki keunggulan sebagai makanan rendah kalori yang kaya akan air, sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh.

Dilansir dari Eat This (1/12), mentimun tidak hanya dikenal karena sifat menghidrasinya yang luar biasa, tapi juga sebagai tambahan rendah kalori yang cocok untuk berbagai hidangan seperti salad dan camilan. Kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral dalam mentimun juga membuatnya menarik untuk dikonsumsi.

Read More

“Kandungan air yang tinggi pada mentimun membuatnya mampu memberikan rasa kenyang tanpa menambahkan banyak kalori,” jelas Moody. Berdasarkan data USDA, mentimun hanya mengandung 15 kcal per 100 gram dengan kadar air mencapai 96 persen.

Ahli diet tersebut menyarankan beberapa cara untuk menikmati mentimun saat diet, termasuk mengonsumsinya dengan saus cocolan berprotein seperti tzatziki atau hummus yang berbasis yogurt. Kombinasi ini tidak hanya menyehatkan tapi juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Selain itu, mentimun dapat menjadi tambahan lezat dalam salad, meningkatkan tekstur dan nutrisi hidangan. Sebagai camilan, tekstur renyah dan kandungan air tinggi pada mentimun membantu menahan rasa lapar dan memberikan asupan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *