3 Manfaat Buah Mahoni yang Jarang Diketahui

  • Whatsapp
Waktu Baca : 2 menit

 

Banjarbaruklik – Buah mahoni merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Hanya segelintir orang saja yang mengetahui tentang manfaat buah mahoni. 

Ada beberapa manfaat buah mahoni bagi kesehatan tubuh diantaranya yakni meningkatkan kesuburan wanita, meningkatkan nafsu makan, mengontrol kadar gula darah, mengatasi pilek dan hidung tersumbat dan meredakan demam.

Buah mahoni juga dapat meredakan nyeri haid, mengobati sembelit atau konstipasi, mengatasi eksim, mengatasi rematik, menjaga kesehatan jantung, mengobati penyakit diabetes, mengurangi risiko penyakit Alzheimer, mengobati tekanan darah tinggi, sebagai antioksidan bagi tubuh, mengurangi lipid darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain untuk kesehatan tubuh ada beberapa   manfaat lainnya yang dimiliki buah mahoni yang jarang diketahui diantaranya:

1. Sebagai bubuk pengusir serangga

Tidak hanya terbatas untuk kesehatan tubuh, buah mahoni juga bisa dimanfaatkan sebagai obat pengusir serangga. Buah mahoni mengandung saponin yang bisa mencegah serangga untuk hinggap dan datang seperti nyamuk malaria. Bagi kalian yang seringkali merasa terganggu dengan kehadiran serangga maka kalian bisa mengusirnya dengan buah mahoni.

2 . Sebagai pewarna kain

Manfaat buah mahoni juga bisa sebagai pewarna kain. Meskipun buah mahoni berwarna coklat tetapi warna yang akan dihasilkan dari tanaman mahoni berwarna kuning. Kalian bisa mendapatkan warna kuning ini dengan merebus kain bersama mahoni yang belum dikupas.

3. Sebagai lem atau perekat

Buah mahoni memiliki bagian yang disebut dengan getah. Getah buah mahoni bermanfaat untuk dijadikan sebagai lem atau perekat. Kalian pun bisa memiliki lem alami yang terbuat dari buah mahoni.

Itulah informasi mengenai beberapa manfaat unik yang dimiliki buah mahoni. Bagi yang penasaran dengan manfaatnya kalian bisa coba langsung ya. Semoga bermanfaat dan informasi ini bisa menambah pengetahuan kalian. (Adl)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *