20 Unit Mobil Ambulan Diserahkan untuk Puskesmas se Banjarbaru

Penyerahan Ambulan untuk Puskesmas se Banjarbaru. (Foto : Suroto for Banjarbaruklik.com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin, menyerahkan 20 unit mobil yang terdiri dari ambulans dan mobil Puskesmas keliling kepada semua Puskesmas di Kota Banjarbaru. Penyerahan simbolis ini dilakukan pada Senin (10/5/2024) di Puskesmas Liang Anggang.

Sebanyak 20 unit mobil tersebut berangkat dari Balaikota Banjarbaru menuju Puskesmas Liang Anggang dalam sebuah konvoi.

“Penyerahan ambulans ini untuk sarana prasarana Puskesmas se-Kota Banjarbaru. Ambulans yang dibagikan hari ini berjumlah 20 unit untuk semua Puskesmas. Sumber anggaran pembelian ambulans ini berasal dari DAK tahun 2019 dan 2024 serta APBD murni Kota Banjarbaru tahun 2024,” jelas Aditya.

Aditya menambahkan bahwa tujuan pengadaan ambulans ini adalah untuk meningkatkan sarana prasarana kesehatan di Kota Banjarbaru.

“Selain untuk melayani masyarakat Banjarbaru, ambulans ini juga mendukung upaya kita dalam mensejahterakan masyarakat. Ambulans ini dilengkapi dengan sarana prasarana lain seperti sound system, peralatan oksigen, dan lain-lain,” ujarnya.

Wali Kota berharap dengan fasilitas ini, Puskesmas dapat melakukan sosialisasi serta memberikan penyuluhan lebih baik kepada masyarakat.

“Ambulans ini diharapkan bisa multiguna, tolong dirawat dan digunakan dengan baik. Semoga usia penggunaannya panjang dan banyak warga yang bisa memanfaatkannya karena dibeli dari uang rakyat dan untuk kepentingan rakyat,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, dr Juhai Triyanti Agustina, menyampaikan bahwa 20 unit mobil tersebut menelan anggaran sekitar Rp 10 miliar.

“Dana DAK sebesar Rp 8,9 miliar untuk 15 unit dan dari APBD tahun lalu sebesar Rp 1,5 miliar untuk 3 unit,” jelasnya.

dr Juhai juga menyatakan bahwa pada tahun 2025 akan ada program pembangunan Laboratorium Kesehatan dan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kelurahan Komet, karena di Komet belum memiliki Pustu.

Saat disinggung mengenai peningkatan SDM petugas medis, Juhai mengatakan pihaknya sementara melakukan program pelatihan.

“Untuk peningkatan kualitas SDM, kami selalu mengikutsertakan dalam pelatihan-pelatihan. Mengenai penambahan pegawai, kami selalu mengusulkan saat penerimaan pegawai,” tandasnya.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *