12 Olahraga Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi angkat beban. (Foto : detik com)
Waktu Baca : 2 menit

Banjarbaruklik – Berat badan ideal tidak hanya tentang penampilan, tapi juga mengurangi risiko terkena penyakit. Karena itu, banyak orang mencari olahraga yang efektif membantu menurunkan berat badan.

 

Read More

Studi dari Universitas Muhammadiyah Surakarta menyoroti bahwa olahraga membantu pembakaran lemak melalui peningkatan metabolisme basal, lipolisis, pertumbuhan massa otot, dan produksi panas. Nah, berikut adalah 12 olahraga yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan aman:

  1. High-knee running: Latihan kardio ini meningkatkan detak jantung, memperkuat tubuh bagian bawah, dan membakar 240-355,5 kalori dalam 30 menit.
  2. Butt kicks: Membakar 240-355,5 kalori dalam 30 menit, latihan ini dapat dilakukan dengan cepat dan membakar kalori secara efisien.
  3. Mountain climbers: Dengan membakar 240-355,5 kalori dalam 30 menit, latihan ini melatih seluruh tubuh dengan gerakan plank dan angkat lutut.
  4. Berenang: Olahraga ringan ini membakar 198-294 kalori dalam 30 menit, baik untuk kekuatan otot dan kesehatan jantung tanpa tekanan pada sendi.
  5. Bersepeda statis: Dalam 30 menit, latihan ini membakar 210-311 kalori dengan interval kecepatan yang disesuaikan.
  6. Lari sprint: Membakar 240-355,5 kalori dalam 30 menit, lari ini membutuhkan intensitas tinggi dan efektif membakar kalori dengan cepat.
  7. Berjalan kaki: Olahraga paling sederhana yang membakar 3,1-4,6 kalori per menit, membantu pembakaran kalori di sekitar rumah.
  8. Berlari: Dengan membakar 10,8-16 kalori per menit, berlari tidak memerlukan peralatan khusus dan efektif membakar kalori.
  9. Aerobik: Aktivitas menyenangkan yang meningkatkan detak jantung dan membakar kalori, seperti zumba atau latihan tari.
  10. Jumping jacks: Dengan membakar 8-11,8 kalori per menit, latihan kardio ini meningkatkan detak jantung dengan gerakan sederhana.
  11. Lompat tali: Membangun kekuatan kaki dan membakar 7,6-9,8 kalori per menit, latihan ini tidak memerlukan banyak ruang.
  12. Angkat beban: Membakar 90-252 kalori dalam 30 menit, latihan ini efektif dalam membentuk otot dan membakar kalori saat istirahat.

Pentingnya menurunkan berat badan dengan olahraga disertai pola hidup sehat, termasuk konsumsi makanan bergizi. Konsistensi dalam olahraga dan pola makan sehat akan menentukan keberhasilan dalam menurunkan berat badan.

Berkonsultasilah dengan ahli nutrisi atau pelatih olahraga sebelum memulai program penurunan berat badan.

 

Semoga informasi ini membantu kamu dalam memilih olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Reporter : Ahdalena

Redaktur : Ari Sukma Setiawan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *